C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar !
1. Apa yang dimaksud dengan e-commerce ?
Jawab :
E-commerce atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang
dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama
internet.
2. Sebutkan keuntungan E-commerce bagi produsen !
Jawab :
a) Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk
menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain, perusahaan dapat
menjangkau pasar yang lebih luas.
b) Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
c) Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi, karena perusahaan
tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.
d) Karena biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat dikurangi, maka
harga barang dapat dijual dengan lebih rendah. akibatnya lebih banyak
konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut, dan barang menjadi
lebih banyak yang laku.
3. Sebutkan keuntungan E-commerce bagi konsumen !
Jawab :
a) Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup
memesankan barang melalui internet, dan barang akan diantar ke rumah.
b) Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
c) Konsumen mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
d) Konsumen dapat membeli barang yang terdapat di Negara lain, karena didalam negeri mungkin saja belum tersedia.
e) Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.
4. Apa yang dimaksud e-banking ?
Jawab :
E-banking adalah aktifitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.
5. Sebutkan keuntungan e-banking bagi bank !
Jawab :
Bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk biaya
operasional. Internet banking juga memungkinkan nasabah yang datang ke
bank berkurang sehingga bank dapat menggunakan kantor yang lebih kecil
dan pegawai yang lebih sedikit. kedua hal tersebut menyebabkan bank
dapat mengurangi biaya sewa tempat dan gaji kariyawan.
6. Sebutkan keuntungan e-banking bagi nasabah !
Jawab :
Internet banking memberikan keuntungan kepada nasabah bank, karena
nasabah tidak perlu lagi datang ke bank untuk melakukan transaksi
perbankan. hal ini akan menghemat waktu dan biaya transportasi bagi
nasabah. keuntungan yang lain, nasabah dapat melakukan transaksi
perbankan kapan saja dan dimana saja (asalkan tersedia internet)
7. Apa yang dimaksud dengan E-mail ?
Jawab :
E-mail adalah metode menulis, mengirim, menerima, dan menyimpan pesan-pesan melalui sistem komunikasi elektronik.
8. Apa yang dimaksud dengan chatting ?
Jawab :
Chatting merupakan alat komunikasi dengan orang lain secara langsung menggunakan komputer.
9. Sebutkan 3 bank di Indonesia yang sudah memiliki fasilitas internet banking !
Jawab :
- BCA (www.klikbca.com)
- Bank Mandiri
- BNI
10. Salah satu bank di dunia yang merupakan pionir dari Internet banking !
Jawab :
Sekurity Firs Network Bank (SFNB,www.sfnb.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar